Mengenali Barang-Barang Black Market

Mungkin Kamu sering mendapatkan sms atau broadcast yang menawarkan berbagai jenis dan merk smartphone, table, kamera digital yang harganya relatif lebih murah ketimbang harga yang biasaya dipatok oleh toko atau outlet-outlet elektronik yang bertebaran di pusat-pusat perbelanjaan atau di Mall. Mungkin saat Anda melihatnya akan timbul keinginan untuk bisa menjadikannya salah satu dari koleksi Anda. barang barang black market umumnya merupakan barang elektronik dengan merek-merek ternama, karena itu akan selalu menarik perhatian bagi siapa pun terutama yang konsumtif.

Bila Anda ingin mencoba membeli barang barang black market, maka yang Kamu harus ketahui adalah bahwa barang barang tersebut ada dua jenis yaitu :

1. Jenis BM karena tidak membayar pajak

Untuk jenis BM yang satu ini menawarkan barang-barang yang dijual merupakan merek asli dan baru, akan tetapi dijual melalui pasar gelap atau tidak resmi, sehingga tidak membayar pajak, karena itu harganya biasanya lebih murang daripada yang biasanya Kamu lihat ditoko, biasanya untuk jenis barnag BM seperti ini kualitasnya sama bagusnya dengan yang dijual ditoko-toko resmi.

2. Jenis BM yang tidak lolos uji layak pakai akan tetapi masih bisa dipakai atau bekas pakai

Untuk jenis barang BM yang tidak lolos uji layak pakai ini merupakan barang yang tidak diedarkan kepasaran karena merupakan barang yang saat diuji coba tidak lolos dan kurang baik kualitasnya akan tetapi masih bisa dipakai. Bila dilihat sekilas maka akan nampak seperti baru dan tidak akan mencurigakan, akan tetapi permasalahannya terdapat pada peralatan didalamnya yang kualitasnya dibawah standar. Biasanya harga barang BM jenis ini bisa sangat murah, akan tetapi karena kualitasnya yang buruk maka pemakaiannya tidak akan lama.

Untuk mempermudah Anda mengenali mana barang barang black market yang termasuk jenis yang asli (berkualitas)  akan tetapi menghindari pajak atau yang berkualitas buruk atau tidak lolos uji kelayakan maka Anda bisa membandingkan harganya. Umumnya jenis BM yang menghindari pajak selisih harganya paling tinggi sekitar 30%, karena barang resmi akan dikenakan PBE (Pajak Barang Elektronik) yang masuk ke Indonesia dikenakan pajak 30%. Akan tetapi bilang jenis BM yang tidak layak pakai maka harganya bisa sangat miring atau 50% dari harga yang sebenarnya di pasaran.

Jadi bagi Anda yang sedang tergiur dengan berbagai tawaran barang barang black market baik dari teman ataupun kiriman broadcast atau sms, maka Kamu tinggal memilih apakah akan membeli yang jenis asli tapi tidak kena pajak, atau yang tidak lolos uji kelayakan. Salah satu yang perlu Kamu pertimbangkan saat membeli barang BM adalah sebaiknya untuk digunakan sendiri dan bukan untuk dijual kembali karena harga jualnya mungkin akan sangat jatuh karena selain tidak memiliki kartu garansi juga tidak memiliki jaminan kualitas dari peralatan yang ada didalamnya. Jadi boleh dikatakan membeli barang BM merupakan sebuah pilihan yang cukup beresiko, akan tetapi terkadang sikap konsumtif mengalahkan segalanya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...